Mau punya buku tamu seperti ini?
Klik di sini (Info Blog)

Junctionless Transistor






Transistor arsitektur yang dikembangkan oleh para peneliti Tyndall menggunakan kontrol gerbang sekitar nanowire silikon untuk membatasi aliran arus

Sebuah tim ilmuwan di Institut Nasional Tyndall di Cork, Irlandia telah menciptakan apa yang mereka klaim adalah pertama di dunia junctionless transistor. Penemuan merupakan terobosan dalam transistor dan nanoelectronics, dan memiliki potensi untuk merevolusi manufaktur microchip.
Pendekatan menggunakan kontrol gerbang sekitar nanowire silikon untuk mengontrol bagian elektron tanpa menggunakan junction. 


The Tyndall tim, dipimpin oleh Profesor Jean-Pierre Colinge, mengatakan transistor relatif mudah untuk membuat dan dapat membantu untuk memperpanjang hukum Moore dan mengurangi biaya produksi.
Transistor adalah blok bangunan fundamental dalam perangkat elektronik. Pada komputasi chip silikon, jumlah transistor mencerminkan jumlah relatif kekuatan pemrosesan chip telah. Sejak 1970-an jumlah transistor dibangun di atas sebuah chip silikon telah berkembang dari hanya beberapa ratus hingga lebih dari dua milyar transistor pada sebuah chip tunggal. Perangkat elektronik sekarang ini sedang mengendarai perlunya lebih transistor pada setiap chip, sementara juga memerlukan chip semikonduktor yang lebih kecil, lebih hemat energi, dan lebih hemat biaya.  


Transistor arsitektur konvensional yang digunakan untuk 40 tahun terakhir tidak dapat lagi mengikuti permintaan ini.
Transistor saat ini didasarkan pada persimpangan, yang dibentuk dengan menempatkan dua potongan silikon dengan polaritas yang berbeda dengan sisi-sisi. Mengontrol memungkinkan persimpangan arus dalam perangkat harus diaktifkan dan dimatikan. Fitting lebih transistor pada sebuah chip membutuhkan metode fabrikasi yang lebih tepat, yang akan sangat meningkatkan biaya chip. 


Arsitektur transistor Tyndall menghilangkan persimpangan dan sebagai gantinya menggunakan kontrol gerbang di sekitar nanowire silikon untuk membawa arus. Aliran saat ini dikendalikan oleh gerbang kontrol listrik "memeras" si nanowire menggunakan mudah-mengarang struktur cincin. Para peneliti Tyndall mampu menciptakan nanowire silikon hanya beberapa lusin atom dengan diameter menggunakan berkas elektron-teknik menulis. 


Colinge dan para peneliti mengatakan arsitektur tersebut kompatibel dengan proses manufaktur CMOS saat ini, dan berharap bahwa desain mereka akan membuktikan terutama diterapkan dalam pembuatan transistor pada skala 10-nanometer. Tim juga percaya bahwa perangkat junctionless mereka memiliki potensi untuk beroperasi pada lebih cepat dan menggunakan sedikit energi daripada transistor konvensional yang digunakan dalam mikroprosesor hari ini. 


Tyndall telah berada di diskusi tentang teknologi baru dengan perusahaan semikonduktor terkemuka di seluruh dunia, dan melaporkan banyak minat dan kemungkinan pengembangan lebih lanjut dari teknologi lisensi.
Penelitian ini dipublikasikan dalam Nature Nanotechnology.

0 comments:

Posting Komentar